FAQ

BASIC

  • Apa itu EmasDigi?

    EmasDigi adalah perusahaan yang terafiliasi dengan PT PG Berjangka, yang telah resmi terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dan berada di bawah Kementerian Perdagangan. EmasDigi sendiri merupakan perusahaan Financial Technology yang bergerak dalam bidang perdagangan logam mulia emas melalui aplikasi mobile.

    Kami menawarkan cara modern bertransaksi emas, mulai dari 0,01 gram. Anda bisa dengan mudah membeli dan menjual emas. Harga jual beli emas kami pun sangat transparan dan terukur dalam bursa karena kami bekerja sama dengan ICDX. Yang membedakan kami dengan provider lain: kami memberikan jaminan buyback emas, berapapun saldo gram emas yang ingin dijual.


LICENSE

  • Apakah emas yang saya beli ini aman? Ada ijin / jaminannya kah?

    Emas yang Bapak/Ibu beli ini sangat aman dan terjamin. Perusahaan kami terafiliasi dengan PT. PG Berjangka yang berada di bawah pengawasan Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan. Emasnya pun diperdagangkan di Bursa Komoditi  yang transparan dan dijamin oleh lembaga kliring Indonesia. Link :

    http://website.bappebti.go.id/id/api/pialang/index/5.html

    http://www.icdx.co.id/menu-indonesia-commodity-and-derivatives-exchange/membership/member-of-icdx

    http://www.ich.co.id/daftar-anggota-indonesia-clearing-house

    https://industri.kontan.co.id/news/bisnis-emas-online-start-up-emasdigi-sasar-perorangan-hingga-korporat

    https://swa.co.id/swa/trends/emasdigi-ramaikan-fintech-jual-beli-emas


ID VERIFICATION

  • Saya sudah lampirkan KTP dan foto Selfie dengan KTP, namun Verifikasi KTP dan Selfie ID saya ditolak, mengapa?

    Sesuai dengan standar ketentuan KYC (Know Your Customer) dari Badan Pengawasan Perdangangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan, kami membutuhkan data yang lengkap dan valid dari Bapak/Ibu.

    Hal ini untuk memastikan transaksi Bapak/Ibu berada dalam penanganan dan pengawasan yang tepat. Oleh karena standar tersebut, kami membutuhkan foto/scan KTP Bapak/Ibu yang tulisan dan fotonya jelas terbaca.

    Demikian pula dengan swafoto (selfie) dengan KTP harus jelas/tidak blur, dan tulisan serta foto KTP nya terbaca dengan baik. Apabila ada penolakan verifikasi KTP dan atau Selfie dengan KTP, Bapak/Ibu dapat mencoba lagi untuk melakukan foto KTP dan selfie dengan KTP tersebut, dimana hasilnya harus jelas dan terbaca dengan baik.

  • Bagaimana bila saya lupa Password dan atau PIN ?

    Wajar bila Bapak/Ibu lupa Password atau PIN. Demi keamanan akun Bapak/Ibu, kami menerapkan berbagai standar keamanan seperti Kata Sandi (Password) dan PIN (Personal Identification Number).

    Bapak/Ibu wajib untuk mengingat dan menjaga kerahasiaan Password dan PIN tersebut. Password digunakan untuk masuk ke aplikasi Emasdigi, sedangkan PIN adalah kode numerik untuk bertransaksi jual beli dan cash out emas.

    • Apabila Bapak/Ibu lupa Password, silakan pilih Lupa Password di halaman login pertama kali, lalu secara otomatis akan ada link ke email yang pernah Bapak/Ibu daftarkan. Dengan meng-klik link email tersebut, maka Bapak/Ibu akan dituntun untuk mengisi Password yang baru.
    • Apabila Bapak/Ibu lupa PIN, silakan pilih Lupa PIN di halaman Profile, lalu secara otomatis akan ada link ke email yang pernah Bapak/Ibu daftarkan. Dengan meng-klik link email Reset, maka Bapak/Ibu akan dikirimkan nomor PIN yang baru melalui notifikasi SMS. Silakan masukkan dan bertransaksi menggunkan PIN tersebut/mengubah PIN tersebut menjadi PIN yang baru.
  • Mengapa akun saya belum terverifikasi di Emasdigi?

    Sesuai dengan standar ketentuan KYC (Know Your Customer) dari Badan Pengawasan Perdangangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan, kami membutuhkan data yang lengkap dan valid dari Bapak/Ibu.

    Untuk melakukan proses verifikasi membutuhkan waktu dan ketelitian yang baik. Link untuk verifikasi tersebut akan otomatis terkirim ke email Bapak/Ibu, mohon segera meng-klik link verifikasi tersebut.

    Oleh karena banyaknya antrian yang masuk untuk verifikasi, maka kami akan memprosesnya dalam 3×24 jam.

  • Kalau saya mau ganti nomor HP gimana ya?

    Mudah saja. Bapak/Ibu dapat menelepon Call Center di (021) 83782475 atau mengirimkan email ke : tanya@emasdigi.com dengan subject : ganti nomor hp, dan menginfokan nomor lama serta nomor baru yang akan diganti.

    Call Center kami mungkin akan menanyakan pertanyaan tambahan untuk memverifikasi akun Bapak/Ibu untuk keamanan dan kenyamanan bersama.


TOP UP TRANSFER

  • Saya tidak memiliki akun di Bank Artha Graha maupun BCA, bagaimana saya bisa mengisi saldo atau membayar cicilan emas?

    Bagi Bapak/Ibu yang belum memiliki rekening di BCA atau Bank Artha Graha, Bapak Ibu bisa mengisi saldo atau membayar cicilan emas melalui Alfamart, dengan menyebutkan Nicepay dan kode Virtual Account yang tertera di aplikasi Emasdigi. Nominal yang dibayarkan di kasir Alfamart akan langsung otomatis terupdate di Dompetdigi – Akun Pembayaran di aplikasi Emasdigi.

    Namun bila hanya untuk mengisi saldo, apabila Bapak/Ibu belum memiliki akun bank tersebut, Bapak Ibu juga dapat mengisinya melalui Doku di Alfamart dengan menyebutkan Doku Wallet dan nomor kode Doku Anda yang tertera di aplikasi Emasdigi.


TOP UP VOUCHER

  • Saya mendapatkan voucher, bagaimana menukarnya?

    Apabila Bapak/Ibu mendapatkan voucher, silakan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Emasdigi dan melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Pada menu Dompetdigi – Akun Pembayaran, terdapat 2 pilihan, yaitu Top Up dan Tukar Voucher. Pilih Tukar Voucher, dan masukkan 16 kode digit dengan benar.

    Otomatis saldo Akun Pembayaran Anda akan bertambah, dan Anda bisa melakukan beli jual emas, dan hasil jual emas tersebut bisa ditransfer ke rekening bank yang Bapak/Ibu daftarkan atau ditukar dengan emas fisik.

  • Saya mendapatkan kode voucher, kenapa tidak valid?

    Kode Voucher yang umumnya kami gunakan adalah 16 digit. Kekeliruan pengisian 1 digit kode pun akan menyebabkan kode yang dimasukkan tidak valid, karena kode tersebut sangat unik dan melalui standar keamanan yang baik karena bernilai uang dan wajib dijaga dengan baik.

    Namun, apabila masih ditemui kendala, silakan hubungi Customer Service kami di Call Center di (021) 83782475 atau mengirimkan email ke : tanya@emasdigi.com dengan subject : kode voucher tidak valid. Jangan lupa untuk mengirimkan screenshot dan kode voucher yang tidak valid, beserta nama dan nomor hp pengguna.


DOKU WALLET

  • Bagaimana saya membuka akun doku wallet yang telah di berikan oleh emasdigi ?

    Di menu Dompetdigi terdapat beberapa akun, antara lain : akun tunai, akun pembayaran, akun doku, akun emas dan informasi rekening VA Bank Artha Graha. Khusus mengenai Doku, Bapak/Ibu bisa mengetahui saldo Doku tersebut di Dompet Digi. Saldo Doku merupakan solusi dan kemudahan yang ditawarkan untuk Bapak/Ibu yang belum memiliki rekening bank.

    Dengan mengisi saldo (top up), maka dana Bapak/Ibu akan masuk ke Akun Pembayaran, yang selanjutnya dapat digunakan untuk bertransaksi Beli Jual emas. Namun, apabila Bapak/Ibu ingin lebih lanjut membuka akun doku wallet tersebut, saat ini Bapak/Ibu dapat mengunduh aplikasi Doku tersebut di Playstore/Appstore dan mengikuti proses registrasi tersendiri, namun saldonya telah terintegrasi dengan aplikasi yang tertera di aplikasi Emasdigi.

  • Bisakah saya menggunakan akun doku wallet saya saat ini? Akun ini telah saya miliki sebelum saya mendownload aplikasi EmasDigi.

    Saat Bapak/Ibu mendownload aplikasi Emasdigi, secara otomatis kami akan membuatkan akun Doku Wallet yang baru. Oleh karena itu akun Doku Wallet yang akan digunakan adalah akun doku yang didaftarkan oleh EmasDigi. Keuntungan Doku Wallet ini adalah Bapak/Ibu tidak perlu memiliki rekening bank untuk bertransaksi di Emasdigi.


AKUN

  • Apa bedanya Akun Pembayaran, Akun Emas dan Akun Tunai ?
    1. Akun Pembayaran adalah akun untuk menampung hasil top up (pengisian saldo) /  tukar voucher.Akun ini bisa digunakan untuk membeli emas.
    2. Akun Emas adalah akun untuk menampung jumlah emas (gram) yang dibeli dan dapat dijual kembali. Namun apabila Bapak/Ibu mengajukan cicilan emas, saldo akun emas yang dicicil itu dibekukan sampai masa cicilan lunas. Dari Akun Emas ini juga Bapak/Ibu dapat melakukan tarik fisik emas.
    3. Akun Tunai adalah akun untuk menampung hasil jual emas. Dari akun tunai ini Bapak/Ibu dapat melakukan transfer ke rekening yang didaftarkan, atau mengembalikannya ke Akun Pembayaran untuk membeli emas kembali.

BUY SELL

  • Saya sudah download aplikasi Emasdigi, namun mengapa saya belum bisa membeli emas?

    Untuk dapat melakukan beli dan jual emas, setelah Bapak/Ibu mengunduh (mendownload) aplikasi Emasdigi, terlebih dahulu Bapak/Ibu harus melakukan :

    1. Registrasi terlebih dahulu dengan cara mengisi form aplikasi Emasdigi secara lengkap.
    2. Setelah itu akan ada link konfirmasi melalui email untuk mengaktifkan akun Bapak/Ibu.
    3. Di bagian Profile, Bapak/Ibu harus melampirkan terlebih dahulu foto KTP dan selfie dengan KTP yang masih berlaku.
    4. Kemudian lakukan top up (pembayaran untuk menambah saldo) melalui Virtual Account (VA) BCA, VA Bank Artha Graha, Doku, atau melalui Alfamart (dengan menyebutkan Nicepay dan nomor VA).
    5. Setelah nominal top up kami terima, barulah Bapak/Ibu dapat membeli emas sesuai kecukupan nominal Akun Pembayaran (Payment Account) dibagi dengan Harga Jual Emasdigi dan Biaya transaksi yang berlaku di aplikasi Emasdigi.
  • Apakah akun tunai bisa untuk beli emas lagi?

    Dari nominal yang tertera di Akun Pembayaran (Payment Account), Bapak/Ibu dapat melakukan Beli Emas.

    Saldo pembelian emas akan masuk ke Akun Emas (Gold Account). Dari akun emas, Bapak/Ibu bisa menjual emas tersebut, sehingga dananya akan masuk ke Akun Tunai (Cash Account).

    Dari Akun Tunai, Bapak/Ibu harus Transfer (kembali) ke Akun Pembayaran, bila hendak melakukan beli emas lagi.

  • Untuk beli emas di aplikasi emasdigi pakai harga jual atau harga beli ?

    Seperti lazimnya di perbankan dan bursa baik pada umumnya, harga yang tertera adalah dari sisi Emasdigi.

    Artinya Harga Jual yang tertera adalah harga jual Emasdigi kepada pelanggan, atau dengan kata lain untuk membeli emas dari Emasdigi, maka pelanggan akan membeli dengan acuan Harga Jual Emasdigi.

    Demikian sebaliknya Harga Beli yang tertera adalah harga beli Emasdigi kepada pelanggan, atau dengan kata lain apabila pelanggan hendak menjual kembali emasnya, Emasdigi akan membeli kembali emas tersebut dengan Harga Beli yang tertera di aplikasi Emasdigi.


CASH OUT

  • Saya sudah melakukan cash out / transfer ke rekening, mengapa masih pending (tertunda) ?

    Seperti halnya di perbankan dan perusahaan keuangan lainnya, untuk melakukan transfer ke rekening pelanggan dibutuhkan pengecekan dan kontrol yang baik. Itulah sebabnya status cash out masih pending (tertunda).

    Ini untuk memastikan agar dana Bapak/Ibu tetap aman dan berada dalam penanganan yang tepat dan akurat. Untuk waktu penarikan dana akan diproses di jam operasional bank dari Senin – Jumat pk. 09.00 – 15.00 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu akan diproses di hari kerja berikutnya.

    Khusus penarikan dana melalui BCA, akan diproses paling lambat hari kerja H+1, namun untuk penarikan dana selain BCA maka akan diproses pada hari kerja H+2.

  • Saya sudah melakukan cash out / transfer ke rekening, mengapa masih pending (tertunda) ?

    Di aplikasi Emasdigi ada beberapa jenis saldo, yaitu :

    1. Saldo di Akun Pembayaran : ini adalah saldo Rupiah yang berasal dari top up, yaitu penambahan saldo yang berawal dari transfer Virtual Account (VA) BCA, VA Bank Artha Graha (BAG), wallet Doku, atau Tukar Voucher Emasdigi atau partner yang bekerjasama dengan Emasdigi. Saldo tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli emas.
    2. Saldo di Akun Gold : ini adalah saldo bobot emas (gram) yang berasal dari hasil beli emas di aplikasi Emasdigi.
    3. Saldo di Akun Tunai : ini adalah saldo Rupiah yang berasal dari hasil jual emas di aplikasi Emasdigi.

    Saldo yang dapat dicairkan adalah saldo yang sudah berada di Akun Tunai, caranya adalah dengan mendaftarkan nomor rekening tujuan transfer, lalu mengisi nominal yang ingin ditransfer.

    Setelah melalui proses pengecekan dan kontrol yang baik, dana Bapak/Ibu akan dikirimkan melalui transfer ke rekening Bapak/Ibu, sehingga lebih aman dan memberikan kemudahan bagi Bapak/Ibu.


CICILAN

  • Bila saya membatalkan cicilan, apakah DP dan Cicilan yang sudah masuk bisa direfund?

    Kami memahami Bapak/Ibu mungkin saja dapat berubah pikiran setelah mengajukan cicilan emas dan mentransfer dana yang berupa DP 5%, Cicilan Pertama, dan Biaya Administrasi.

    Namun seperti halnya di perbankan atau perusahaan lainnya, itu berarti telah ada proses di backoffice / kantor, dan hal itu membutuhkan biaya tertentu. Adapun bila Bapak/Ibu membatalkan cicilan, maka biaya yang dikenakan hanya bunga dua bulan berjalan, biaya sita 2%, dan DP 5% tersebut secara otomatis hangus. Sisanya akan dikembalikan kepada Bapak/Ibu.

  • Apakah dana emas cicilan bisa dijual selama masa cicilan?

    Emas yang Bapak/Ibu investasikan dalam aplikasi Cicilan Emasdigi adalah investasi yang sangat berharga dan harganya pun sangat kompetitif. Ini juga merupakan bentuk komitmen dari Bapak/Ibu untuk menyisihkan dana untuk sesuatu yang sangat berarti seperti emas murni / logam mulia.

    Oleh karena itu, dana yang terkumpul akan kami bantu untuk dibekukan sementara waktu sampai dengan cicilan lunas, sehingga Bapak/Ibu tidak tergoda untuk menjualnya lagi selama masa cicilan / pembayaran dilunasi.


GOLD WITHDRAWAL

  • Berapakah biaya cetak emas dan apakah ada biaya pengirimannya?

    Dewasa ini, keamanan atas emas yang Bapak/Ibu investasikan sangat kami perhatikan. Sebenarnya dengan adanya fitur Transfer ke Rekening, Bapak/Ibu akan lebih aman untuk menyimpan dana hasil beli jual emas, karena langsung ditransfer ke rekening.

    Kami tidak mengenakan biaya apa-apa selain biaya administrasi yang dikenakan oleh bank yang terkait. Namun, apabila Bapak/Ibu hendak mencetak emas tersebut, maka dikarenakan sifat emas ini yang termasuk dalam kategori logam mulia dan melalui teknik pencetakan yang cukup presisi, kami akan mengenakan biaya sebesar 5% untuk biaya pencetakan tersebut, mohon maklum adanya.

    Sebagai apresiasi dari kami, kami tidak lagi mengenakan biaya pengiriman tersebut selama masih dalam jangkauan kurir kami.

  • Dimana saya bisa tarik emas fisik?

    Sudahkah Anda mengenal jargon “emas jaman now”?. Emas jaman sekarang berupa virtual dan bisa disimpan dalam genggaman aplikasi Emasdigi di handphone Anda. Lebih aman dan dijamin juga oleh pemerintah Indonesia.

    Namun apabila Bapak/Ibu tetap menginginkan emas fisik, Bapak/Ibu dapat melakukan tarik emas fisik melalui aplikasi Emasdigi di menu Dompetdigi. Dalam menu Dompetdigi, Bapak/Ibu bisa meng-klik Ambil Fisik Emas dan memilih Keping Emas yang ingin ditarik. Perlu kami ingatkan, karena sifat emas yang termasuk dalam kategori logam mulia, akan ada biaya untuk pencetakan emas tersebut. Bapak/Ibu tidak perlu bersusah payah, emas dapat dikirimkan sesuai jangkauan kurir yang bekerjasama dengan Emasdigi.

  • Jenis emas apa yang bisa saya tarik dan berapa gram?

    Dalam aplikasi Emasdigi ada 2 jenis emas fisik yang dapat ditarik, yaitu : Antam dan UBS, namun bila Bapak/Ibu tidak melakukan permintaan atas salah satu jenis emas tersebut, maka kami akan memilihkan jenis emas tersebut untuk Anda sesuai ketersediaan stok emas.

    Pecahan/berat gram yang dapat ditarik adalah mulai : 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 200 gram, 500 gram, 1 kg.


KYC

  • Mengapa saya menerima email tentang pembaruan KYC ?

    Sebagai perusahaan yang memperhatikan pelanggannya, tentu kami ingin mengenal lebih jauh tentang Bapak/Ibu. Selain itu, karena aplikasi EmasDigi berafiliasi dengan PT PG Berjangka yang diawasi oleh BAPPEPTI yang berada dibawah Kementerian Perdagangan maka kami wajib untuk melakukan pembaruan data terkait Know Your Customer (KYC).

    Dengan adanya KYC tersebut, kami berharap dapat lebih memahami kebutuhan Bapak/Ibu.


Copyright © 2018 PT Bumi Santosa Cemerlang