Jumlah Emas Dunia Jika Ditotal

Pernahkah Anda bertanya, darimana asal mula dari emas yang dipakai untuk perhiasan saat ini.

EmasDigi 10 Dec. 2018 0

Pernahkah Anda bertanya, darimana asal mula dari emas yang dipakai untuk perhiasan saat ini. Jangan bayangkan jika bentuk emas yang ada dikerak bumi langsung berupa batuan atau cairan berbentuk kekuningan. Untuk mendapatkan logam mulia ini, ada proses yang cukup panjang yang harus dilalui. Menentukan lokasi daerah pertambangan pun bukan perkara yang mudah. Diperkirakan masih banyak kandungan emas yang ada di kerak bumi. Lantas berapa jumlah emas yang ada di dunia ini jika ditotalkan?

 

World Gold Council mengeluarkan data mengenai total emas yang ada diseluruh dunia yang jumlahnya mencapai 184 ribu ton. Total emas tersebut adalah emas yang berhasil ditambang dan juga didokumentasikan. Jika ditaruh di permukaan bumi, kira-kira bisa mencapai luas satu lapangan sepakbola dengan tinggi mencapai beberapa meter. Nah bila berbicara mengenai emas yang berada dalam perut bumi, sangat sulit dikisarkan. Material emas tidak berupa bongkahan murni dan jika ingin mengetahui beratnya, maka harus dipisahkan dulu dari pengotor.

 

Tidak ada yang tahu pasti mengenai jumlah cadangan emas yang ada di bumi. Dikutip dari Science Focus, beberapa kilometer dari permukaan bumi, kurang lebih ada beberapa ton emas yang menunggu ditambang. Namun saat ini tentu jumlahnya semakin berkurang karena pertambangan emas yang dilakukan secara besar-besaran. Tidak seperti zaman dulu dimana mendulang emas adalah aktivitas yang membutuhkan proses panjang. Sekarang, menambang emas sangat mudah dilakukan dengan dukungan mesin dan perlengkapan yang canggih.

 

Bongkahan batuan yang mengandung mineral emas akan diolah untuk mendapatkan emas murni. Raksa yang dipakai saat proses pemisahan emas dari lumpur dan komponen lainnya memberikan dampak negatif ke lingkungan. Zat reaktif ini dulunya mencemari lingkungan terutama perairan sehingga ikan yang hidup didalamnya mengalami keracunan. Tidak hanya itu saja, air yang yang tercemari juga tidak layak konsumsi.

 

Di Indonesia sendiri, daerah pertambangan emas cukup banyak jumlahnya. Yang paling terkenal akan mineral emasnya yang berkualitas adalah Papua yang saat ini pengelolaannya ada dibawah kendali PT Freeport Indonesia yang beroperasi di Tembagapura. Penambangan pun harus mendapatkan pengawasan agar tidak memberikan dampak negatif dan juga supaya cadangannya tidak habis. Jadi sekarang Anda tahu kan mengapa harga emas saat ini sangat mahal dan terus bertambah. Selain dipakai sebagai perhiasan, faktanya Anda juga memanfaatkan logam mulia tersebut untuk investasi baik disimpan maupun ditabung di bank atau pegadaian.


Copyright © 2018 PT Bumi Santosa Cemerlang