Aturan Ketat Keluarga Inggris Mengenai Pemakaian Tiara

Tiara menjadi salah satu aksesoris yang melambangkan kemewahan dan keindahan. Meski saat ini pemakaiannya sudah jarang dilakukan.

EmasDigi 5 Dec. 2018 0

Tiara menjadi salah satu aksesoris yang melambangkan kemewahan dan keindahan. Meski saat ini pemakaiannya sudah jarang dilakukan, namun di beberapa negara, tradisi menggunakan tiara masih terpelihara hingga kini. Di kerajaan Inggris misalnya, penggunaan tiara diatur dengan prosedur yang sangat ketat bahkan terkesan tidak masuk akal. Aturan tersebut harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga kerajaan tanpa terkecuali.

 

Prosedur pemakaian tiara yang diberlakukan di kerajaan Inggris salah satunya adalah hanya bisa digunakan setelah lewat pukul 18.00. Jadi keluarga kerajaan dilarang memakai tiara sebelum memasuki waktu tersebut kecuali saat melangsungkan pernikahan. Ketika pernikahan pangeran Harry, Meghan Markle memakai tiara Sapphire Bandeau yang dibuat pada tahun 1932.

 

Sebelum hari pernikahan, tiara tersebut tetap disimpan pada tempatnya dengan penjagaan yang sangat ketat. Hanya bisa dipakai saat upacara pernikahan dilangsungkan. Hal yang sama juga dialami oleh Kate Middleton yang kala itu memilih mengenakan tiara Cartier Halo dengan hiasan 1.000 butir berlian saat melangsungkan pernikahan dengan pangeran William.

 

Tiara hanya boleh dipakai oleh anggota kerajaan yang sudah menikah. Jadi bagi keluarga kerajaan Inggris yang belum melangsungkan pernikahan, dilarang menggunakan tiara dalam situasi apapun meski statusnya sebagai putri. Walaupun di beberapa negara pemakaian tiara lebih bebas, namun bagi kerajaan inggris, aksesoris tersebut adalah benda yang sangat berharga dan tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Koleksi tiara yang dimiliki oleh kerajaan sangat lengkap dengan kisaran harga yang pastinya sangat fantastis.

 

Bagi anggota kerajaan yang sudah menikah, pemakaian tiara biasa dilakukan saat menghadiri acara formal misalnya pertemuan diplomasi. Tidak hanya berperan sebagai aksesoris saja, penyematan tiara juga melambangkan keanggunan wanita. Pihak kerajaan memang memiliki aturan yang sangat ketat tidak hanya pada pemakaian busana, tetapi juga penggunaan tiara ini. Di era modernisasi seperti sekarang, aturan tersebut tetap dijaga hingga beberapa turunan selanjutnya.

 

Jadi meski terlihat sangat menyenangkan menjadi putri dan pangeran kerajaan, namun ternyata banyak sekali aturan yang harus mereka patuhi termasuk dalam berbusana. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pemilihan pakaian untuk anggota kerajaan harus sesuai dengan protokoler. Tidak hanya bagi mereka yang menghuni kerajaan saja, para tamu pun harus mematuhi aturan berpakaian yang sudah ditentukan. Prosedur tersebut sebenarnya memiliki tujuan yang baik, agar keluarga kerajaan menjadi panutan bagi masyarakat umum, tidak hanya penampilan yang anggun tapi juga sikap dan perilaku yang bersahaja.


Copyright © 2018 PT Bumi Santosa Cemerlang