Apa yang Terjadi Jika Emas Asli Dibakar?

Namun untuk membeli perhiasan atau emas batangan, kamu harus berhati-hati karena sekarang banyak pihak yang memalsukannya.

EmasDigi 29 Nov. 2018 0

Tipe investasi yang ada saat ini sangat beragam jenisnya. Mulai dari rumah, deposit, hingga emas. Membeli emas untuk keperluan investasi memang pilihan yang tepat mengingat harganya yang tidak pernah turun dan selalu meningkat. Namun untuk membeli perhiasan atau emas batangan, kamu harus berhati-hati karena sekarang banyak pihak yang memalsukannya. Pastikan membeli di tempat yang terpercaya agar mendapatkan barang yang bagus. Selain itu ketahui juga kadarnya. Untuk emas batangan ada yang mencapai 24 karat sementara jenis perhiasan biasanya menggunakan campuran logam meski hanya beberapa persen saja, tergantung kadarnya.

 

Bagi kamu yang sudah terbiasa membeli emas, pasti tidak kesulitan membedakan mana yang asli dan palsu. Namun jika masih awam dengan logam mulia tersebut sebaiknya lakukan pengecekan keaslian agar tidak tertitpu. Jangan sampai uang yang kamu kumpulkan selama bertahun-tahun ludes karena membeli emas palsu. Beberapa toko emas yang terpercaya sudah memiliki alat canggih untuk mengetahui keaslian emas dan menghitung berapa kadarnya. Jadi kamu bisa mengecek secara langsung apakah emas yang dibeli itu asli atau tidak.

 

Banyak juga masyarakat awam yang melakukan uji coba untuk mengetahui asli tidaknya emas dengan cara dibakar. Tentunya sebelum melakukan hal tersebut kamu harus tahu bahaya yang ditimbulkan. Jangan sampai perhiasan yang sudah mahal-mahal dibeli malah rusak dan akhirnya nilai jualnya menjadi rendah. Jadi pikirkan dulu sebelum bertindak ya.

 

Lantas apa yang terjadi jika emas dibakar?. Apabila kamu membakar perhiasan yang terbuat dari emas menggunakan korek api, maka sisi yang terbakar akan meninggalkan noda gosong kehitaman. Ini terjadi karena perhiasan tersebut terbuat dari campuran logam, bukan 100% emas murni. Nah, jika ada noda hitam, maka tampilan perhiasaan yang kamu miliki terlihat tidak menarik lagi. Karena itu sebaiknya hindari melakukan pengetesan dengan cara dibakar karena akan merusak bentuk perhiasan.

 

Perhiasan yang dijual di beberapa toko emas memang menggunakan campuran logam agar mudah dibentuk. Jadi tidak 100% emas murni dengan kadar 24 karat. Banyaknya campuran logam juga bergantung pada karatnya. Semakin tinggi kadarnya, maka semakin kecil pula logam yang dicampur. Membuktikan keaslian emas dengan cara dibakar adalah suatu hal yang keliru jika diterapkan pada perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan lain-lain. Tips agar kamu mendapatkan perhiasan emas yang asli adalah dengan membelinya di toko emas yang sudah terpercaya.


Copyright © 2018 PT Bumi Santosa Cemerlang